Bukan soal kesibukan namun kepedulian

"Thank God you sent this person into my life" Kalimat di atas nampak lebay namun benar adanya bahwa di luar sana ada orang-orang yang bersyukur dengan kehadiran kita dalam hidup mereka. Bukan soal waktu namun soal kepedulian. Tidak sedikit orang yang menyempatkan diri untuk membantu meringankan kesulitan orang lain disela-sela kesibukannya karena mereka peduli dan tidak sedikit pula orang-orang yang memilki waktu luang namun mereka tidak mau membantu orang lain karena pada dasarnya mereka tidak peduli tentang kesulitan orang lain. Ada yang berfikir bahwa bantuan harus dalam bentuk yang terlihat wujudnya, namun ada bantuan dengan sekedar menemani, mendengarkan, memberi semangat, bahkan menepuk atau mengelus pundak. Saya merasakan sulitnya menemukan bahkan menjadi orang yang bisa membantu orang lain tanpa tendensi apapun. Tentunya menjadi orang baik itu proses yang tidak singkat.  Ada yang pernah mengatakan "kondisi apapun share kabar kamu ya" nyatanya saat ngesaherpu

Tabel Distribusi Frekuensi

Data yang telah diperoleh dari suatu pengukuran  yang masih berupa data acak yang dapat dilakukan pengelompokan data yang sesuai. Misal, data dikelompokan  ke dalam kelas-kelas tertentu. Daftar yang memuat data berkelompok disebut distribusi frekuensi atau tabel frekuensi.

Tabel distribusi frekuensi merupakan alat penyajian data statistika yang berbentuk kolom dan lajur (baris), yang di dalamnya termuat angka-angka yang dapat melukiskan atau menggambarkan pancaran atau pembagian frekuensi dari variabel yang sedang menjadi objek penelitian. Tahapan dalam membuat tabel distribusi frekuensi:
1.  Menentukan jumlah kelas
Kelas-kelas (class) adalah kelompok nilai data atau variable dari suatu data acak. Penentuan jumlah kelas dapat menggunakan aturan Sturges

2.  Menentukan Panjang interval kelas
Panjang interval kelas atau luas kelas adalah jarak antara tepi atas kelas dan tepi bawah kelas.

3.  Menentukan frekuensi
Frekuensi kelas adalah banyaknya data yang termasuk ke dalam kelas tertentu dari data acak.

4.  Menentukan frekuensi relatif (fr)

5.  Menentukan frekuensi kumulatif kurang dari dan lebih dari
Frekuensi kurang dari ditentukan dengan menghitung total data ferekuensi  yang berada pada batas bawah setiap kelas dan frekuensi lebih dari ditentukan dengan menghitung total data ferekuensi  yang berada pada batas atas setiap kelas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Notasi Imiah, Awalan SI, dan Konversi Satuan

Bukan soal kesibukan namun kepedulian

Belajar memahami